BAB IV PERENCANAAN AUDIT

BAB IV

PERENCANAAN AUDIT

 

PERENCANAAN DAN RISIKO

  1. Memungkinkan auditor memperoleh bahan bukti memadai
  2. Mambantu menghemat biaya audit
  3. Memahami terjadinya kesalahpahaman dengan klien

Risiko dalam perencanaan :

  1. Risiko audit yang dapat diterima (acceptable audit risk)
  2. Risiko bawaan (inherent risk)

TAHAP PERENCANAAN AUDIT

1. Perencanaan Awal

a.Menentukan penerimaan klien baru atau melanjutkan dengan klien lama

b.Mengidentifikasi tujuan klien untuk audit

c.Memperoleh pemahaman dengan klien berkenaan dengan perikatan audit untuk menghindari kesalahpahaman

d. Menugaskan staff yang tepat untuk melaksanakan perikatan

2. Mendapatkan Pemahaman Mengenai BIsnis dan Industri Klien

a.Lingkungan Industri dan Eksternal

  • Risiko industry tertentu
  • Risiko bawaan industry tertentu
  • Perlakuan akuntansi yang unik

b.Operasi Bisnis dan Prosesnya

  • Melakukan kunjungan ke pabrik/kantor
  • Mengidentifikasi pihak yang mempunyai hubungan istimewa

c.Manajemen dan Tata Kelola Perusahaan

  • Keandalan Laporan Keuangan
  • Efektivitas dan Efisiensi Operasi Perusahaan
  • Kepatuhan kepada Hukum dan Peraturan

d.Tujuan dan Strategi

e.Pengukuran dan Kinerja

4.Melakukan Penilaian atas Risiko Bisnis Klien

5.Melakukan Prosedur Analitis Awal

 

KERTAS KERJA

Adalah catatan auditor tentang prosedur audit , pengujian, informasi yang diperoleh dan kesimpulan yang dihasilkan.

Fungsi kertas Kerja

  1. Penunjang utama laporan auditor mencakup representasi pengamatan atas standar pekerjaan lapangan yang ditunjukkan dalam frasa di laporan “berdasarkan standar audit yang ditetapkan Institut Akuntan Publik Indonesia”
  2. Membantu auditor dalam melaksanakan dan supervisi audit

Faktor yang menentukan isi KKA :

  1. Sifat perikatan
  2. Sifat laporan auditor
  3. Sifat laporan keuangan, daftar dan keterangan yang perlu bagi auditor dalam membuat laporan
  4. Sifat dan kondisi catatan klien
  5. Tingkat risiko pengendalian taksiran
  6. Kebutuhan keadaan tertentu untuk supervise and review pekerjaan para asisten

KKA berisi dokumentasi yang memperlihatkan :

  1. Pekerjaan telah direncanakan dan disupervisi dengan baik
  2. Pemahaman memadai atas Pengendalian Intern telah diperoleh untuk merencanakan audit menentukan sifat, saat, lingkupnya
  3. Bukti audit yang diperoleh, prosedur yang dilakukan, pengujian yang dilaksanakan

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Hallo, apakah yang bisa kami bantu? (Hello, can we help you?)